Senin, 04 Maret 2013

ASAL USUL NAMA "INDONESIA"

asslamulaikum wr.wb

oke kali ini saya mau coba berbagi tentang
sejarah awal atau asal usul nama negara kita
yaitu indonesia tercinta ini !!!

tapi sebelumnya saya mau tanya dulu
ada yang tau ngga dari mana nama indonesia ???

hehe ... pasti ngga tau ya?? hehe 



     oke simak ulasan berikut ini yah kawan kawan semoga bisa menambah wawasan kita tentang negara sendiri ... masa iya tinggal udah berbelas atau bahkan puluhan tahun ngga tau dari mana nama tempat tinggal dan kelahirannya sih hehe ....

     Dahulu pada tahun 1820 - 1835 eduard douwes dekker atau biasa di sebut MULTATULI , pernah memakai nama yang spesifik untuk menyebut kepulauan indonesia , namun belum di katakan nama nya indonesia . dahulu itu ia menyebutnya "INSULINDE" yang artinya sebenarnya kepulauan hindia (karena dalam bahasa latin itu INSULA artinya kepulauan) namun sebutan itu kurang populer .
     Pada tahun 1847 di singapura terbit sebuah majalah ilmiah journal of the indian archipelago eastern asia dengan penulis EARL menyatakan di artikelnya bahwa sudah saat nya untuk penduduk di kepulauan hindia dan kepulauan melayu (sebutan dulu untuk indonesia) memiliki nama khas.
     Earl mengajukan dua pilihan nama INDUNESIA dan MELAYUNESIA tadi nya Earl sendiri lebih senang dan sangat setuju dengan nama MELAYUNESIA sebab lebih tepat karena berada di daerah melayu dan bila INDUNESIA sangat rancu dengan menyebutkan India. 
     Ada pula penulis bernama logas yang mnulis pada JIAEA volume IV , bahwa sangat perlu memberi nama yang tepat untuk kepulauan hindia ini "kutipan dalam tulisannya". yang berjudul -ETHOLOGY OF THE INDIAN ARCHIPELAGO .yang berarti (etnologi dan kepulauan india). Namun kata INDIAN ARCHIPELAGO itu terlalu panjang dan membingungkan menurutnya LOGAN mengambil nama yang di buang earl sebelum yaitu INDUNESIA namun LOGAN mengganti Huruf "U" dan menggantinya dengan huruf "O" agar ucapannya lebih baik maka lahirlah istilah 'INDONESIA".
     untuk pertama kali nya nama INDONESIA tercetak dan tertulis dan di baca penduduk eropa dari tulisan Logan (nama lengkapnya JAMES RICHARDSON LOGAN).
     semenjak itu Logan menggunakan istilah sebutan INDONESIA untuk menyebut kepulauan ini (dahulu orang eropa masih menyebutnya kepulauan hindia) terus menerus Logan menggunakan istilah itu secara Konsisten di setiap tulisan tulisan ilmiah miliknya.
      dan ramailah perbincangan yang terjadi di dunia tentang nama tersebut hingga pada tahun 1884 guru besar etnologi (adolf bastian) , university berlin menerbitkan sebuah buku yang berjuduL "INDONESIEN ODER DIE INSELN DES MALEYISCHEN ARCHIPEL" atau artinya (Indonesia atau kepulauan melayu)
dan setelah itu bastian terus melakukan penelitian di kepulauan ini , hingga menerbitkan 5 volume buku !!!
dan Bastian lah yang akhirnya mempopulerkan nama INDONESIA dibelanda lebih tepatnya kepada mahasiswa mahasiswa BELANDA 
       Dan Pribumi ASLI INDONESIA yang pertama kali menggunakan istilah INDONESIA untuk menyebut negara ini adalah KI HAJAR DEWANTARA (surwardi suryaningrat) . ketika itu beliau dibuang ke negri belanda pada tahun 1913 dan mula mula sejalan dengan itu maka pribumi saat itu menyebut kata indonesia sampai saat ini berkembang dan di resmikan lah nama negara ini yaitu INDONESIA.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

sekian artikel saya kali ini
artikel ini saya ambil garis besarnya
dan di rangkum hingga menghasilkan artikel ini

semoga bermanfaat dan berguna untuk semua

wasalam.

dims.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar